LAPORAN HASIL OBSERVASI MANAJEMEN SEKOLAH DI
SMA NEGERI 4 KUPANG
1. |
SORI NOFIA DULIM |
(2001060059) |
2. |
ELFRIDA Y.S.
RUMAN |
(1901060082) |
3. |
WASTI A.
TABA |
(2001060082) |
4. |
RIANTI RITWANDI MONA |
(1901060050) |
5. |
DEDI M. NJARA |
(1901060039) |
6. |
KATARINA S.
EGONG |
(2001060047) |
7. |
FATIMA BUNGA B. LORENS |
(1901060045) |
8. |
HELDA
A. NAKLUI |
(1901060115) |
9. |
ANGGRI Y. YEWANG |
(2001060016) |
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA
KUPANG
2022
A. Pelaksanaan Observasi
1. Tempat dan Waktu Pelaksanaan Kegiatan Observasi
Observasi dilaksanakan di SMAN 4 Kupang di Jl Adisucipto, Oesapa, Kec Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.
Observasi dilaksanakan
pada Jumat, 18 November 2022, pada 10.00-
11.40 WITA.
2.
Aspek-aspek yang berkaitan dengan observasi
Nama Kesiswaan :
NIP :
Ketika kami diberikan kesempatan
untuk melakukan observasi, maka kami memulai observasinya dengan metode
wawancara.
B.
Hasil Observasi
1. Wawancara
Wawancara dilaksanakan pada wakasek kesiswaan, Bapak, .... S.Pd dengan hasil :
§ Apa yang menjadi standar kelulusan
sekolah ini?
Jawaban : Standar
kelulusan dari sekolah ini dapat dilihat dari akademik atau pengetahuan, sikap
dan
§ Nilai standar kelulusan dari
sekolah ini berapa?
Jawaban : Nilai standar
kelulusan dari sekolah adalah 60, sudah dinyatakan lulus. Kemudian pada awalnya masih
menggunakan kurikulum KTSP, nilai standar untuk tiap angkatan atau tiap kelas
itu berbeda. Jadi untuk kelas XII kkmnya 75 dan untuk kelas X-XI KKM nya 70.
Namun sekarang sudah masuk pada kurikulum 2013, jadi KKM nya sama semua untuk
tiap angkatan atau kelas yaitu 75.
§ Karena sekarang sudah ada anjuran
penerapan esesmen di tiap sekolah, jadi
apakah sekolah ini sudah menerapkannya atau
belum?
Jawaban : Ya, sudah dilaksanakan pada peserta
didik kelas XI. Namun para peserta didik belum menganggap bahwa esesment itu
sangat penting sehingga mereka menganggap bahwa itu hanya sebuah
formalitas.bahkan kami para guru pun kesulitan dalam membimbing anak dalam hal
ini. Akhirnya sekolah melakukan penerapan literasi dalam waktu 15 menit tiap
hari, namun hal itu tidak berpengaruh karena sekolah menyadari akan hal itu
karena dianggap waktu sangat kurang untuk literasi. Karena literasi juga mampu
mengubah sikap anak. Sehingga mulai sekarang, setiap mata pelajaran yang akan
masuk maka harus ada literasi 15 menit. Jadi misalnya hari ini ada 3
matapelajaran maka diadakan literasi sebanyak 3 kali.
§ Apalah peserta
didik yang sudah mengikuti esesment dan nilainya mencapai standar, apakah dia
sudah bisa dinyatakan lulus, atau harus mengikuti ujian sekolah lagi?
Jawaban : esesment dan ujian
sekolah, belum ada ikatannya. Karena esesment itu adalah..................
sedangkan ujian sekolah itu menentukan kelulusan anak.
§ Menurut ibu, seberapa penting penggunaan media dalam pembelajaran?
Jawaban : untuk jaman sekarang, memang penting sekali
§ Media apa yang paling sering ibu gunakan dalam pembelajaran?
Jawaban : media yang sering ibu gunakan yaitu PowerPoint, LKPD, dan
Video Pembelajaran.
§ Selama penggunaan media dalam pembelajaran, menurut ibu, media apa
yang paling efektif digunakan? Dan apa alasannya ibu memilih media
tersebut?
Jawaban : menurut ibu, kadang ibu menggunakan
video pembelajaran
yang ibu ambil di youtube contoh pada materi eksoterm endoterm yang
ada
animasinya supaya lebih menarik. Kadang materi-materi tertentu cocok hanya menggunakan PPT saja.
Jadi menurut ibu media yang paling efektif itu kalau dalam pembelajaran yaitu PPT tapi kadang tidak mesti semua pembelajaran bisa efektif dengan
menggunakan media PPT, sehingga guru harus bisa melihat karakteristik siswa dan materinya dimana harus disesuaikan sehinggga tujuan
pembelajaran tercapai. Selain PPT, LKPD juga efektif dalam menjalankan
segala sintak pembelajaran itu, karena guru tinggal merancang didalam
LKPD itu sehingga siswa bisa melaksanakan atau menjawab semua itu sehingga nanti bisa tercapai tujuan pembelajarannya.
§ Selama penggunaan media dalam pembelajaran, kendala apa saja yang
pernah ibu temui? Dan bagaimana cara mengatasi kendala tersebut?
Jawaban : kendalanya yaitu kemampuan ibu yang kurang bisa dalam
membuart media pembelajaran yang inovatif. Ibu selama ini menggunakan video pembelajaran dari youtube, sedangkan seharusnya
lebih baiknya itu membuat sendiri video pembelajaran sehingga sesuai dengan yang kita inginkan, karena di youtube itu belum tentu sesuai
dengan indikator dan tujuan pembelajaran yang diinginkan kadang ada
dan
kadang tidak.
Cara mengatasinya yaitu guru harus banyak belajar secara mandiri jika
disekolah tidak melakukan pelatihan.
2. Angket
No |
Pertanyaan |
Ya |
Tidak |
|
Media Gambar |
|
|
1. |
Guru menggunakan media gambar pada saat pembelajarandi kelas |
8 |
2 |
2. |
Guru menampilkan media
gambar melalui kertas
/ karton |
1 |
9 |
3. |
Guru menjelaskan materi dengan menggunakan gambar di awal pembelajaran |
7 |
3 |
4. |
Guru pembelajaranmenjelaskan kembali materi materi pembelajaran menggunakan media gambar pada saat akhir |
4 |
6 |
|
Media Rekaman |
|
|
5. |
Guru menggunakan
tape reconder/rekaman dalam pembelajaran |
6 |
4 |
6. |
Guru memutar ulang rekaman untuk bagian-bagian yang tidak dimengerti oleh siswa |
8 |
2 |
7. |
Guru menggunakan media rekaman untuk mengganti instruksi dari guru |
6 |
4 |
|
Media Vidio |
|
|
8. |
Guru menggunakan media vidio pada saat pembelajaran di kelas |
10 |
0 |
9. |
Guru menjelaskan materi yang akan diajarkan menggunakan media vidio pada awal pembelajaran |
10 |
0 |
10. |
Guru mengulangi pemutaran vidio untuk bagian pyang kurang dimengerti oleh siswa |
10 |
0 |
11. |
Guru menanyakan kembali vidio materi pembelajaran di akhir pembelajaran |
6 |
4 |
|
Media Power Point |
|
|
12 |
Guru menggunakan
power
point dalam pembelajaran di kelas |
7 |
3 |
13. |
Guru menggunakan
power
point melalui alat proyeksi( LCD) |
10 |
0 |
14. |
Guru mencetak power
point dengan cara prin out untuk dibagikan kepada siswa agar dipelajari di rumah |
3 |
7 |
15. |
Guru menggunakan
power
point untuk menampilkan gambar dalam pembelajaran |
9 |
1 |
16. |
Guru menamplkan tugas/ kuis melalui media power point |
9 |
1 |
|
Media Berbasis Internet |
|
|
17. |
Guru memanfaatkan jaringan internet dalam proses pembelajaran |
9 |
1 |
18. |
Materi yang disampaikan oleh guru dapat diakses melalui internet |
7 |
3 |
19. |
Untuk mengatasi keterbatasan waktu pembelajaran disekolah, guru mengarahkan siswa pada pembelajaran E-learning |
8 |
2 |
20. |
Guru memberikan tugas/kuis/ujian secara online |
2 |
8 |
|
Media Demonstrasi |
|
|
21. |
Pada beberapa kesempatan, guru membawa beberapa bahan- bahan (seperti soda kue, cuka, dll) kedalam kelas
untuk selanjutnya menjadi bahan penjelasan guru dalam pembelajaran
terkait materi kimia tersebut. |
0 |
10 |
C. Kesimpulan
Berdasarkan observasi yang kami lakukan di SMAN 4 Kupang, maka dapat
disimpulkan bahwa :
a. Media yang digunakan dalam pembelajaran kimia sangat bervariatif, diantaranya media gambar, video, power point,dan berbasis internet.
b. Kendala yang sering dihadapi guru adalah kurangnya kemampuan guru dalam membuat video pembelajaran yang menarik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar