Kamis, 23 Maret 2023

LAPORAN HASIL OBSERVASI MANAJEMEN SEKOLAH DI SMA NEGERI 4 KUPANG

 

 

LAPORAN HASIL OBSERVASI MANAJEMEN SEKOLAH DI

SMA NEGERI 4 KUPANG

 

 DISUSUN OLEH:  KELOMPOK VII

 

1.

SORI NOFIA DULIM

(2001060059)

2.

ELFRIDA Y.S. RUMAN

(1901060082)

3.

WASTI A. TABA

(2001060082)

4.

RIANTI RITWANDI MONA

(1901060050)

5.

DEDI M. NJARA

(1901060039)

6.

KATARINA S. EGONG

(2001060047)

7.

 FATIMA BUNGA B. LORENS

(1901060045)

8.

 HELDA A. NAKLUI

(1901060115)

9.

 ANGGRI Y. YEWANG

(2001060016)


 

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA

KUPANG

 

2022










A.  Pelaksanaan Observasi

1.   Tempat dan Waktu Pelaksanaan Kegiatan Observasi

Observasi dilaksanakan di SMAN 4 Kupang di Jl Adisucipto, Oesapa, Kec Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Observasi dilaksanakan pada Jumat, 18 November 2022, pada 10.00-

11.40 WITA.

2.   Aspek-aspek yang berkaitan dengan observasi

Nama Kesiswaan         :

NIP                              :

Ketika kami diberikan kesempatan untuk melakukan observasi, maka kami memulai observasinya dengan metode wawancara.

 

B.  Hasil Observasi

1.   Wawancara

Wawancara dilaksanakan pada wakasek kesiswaan, Bapak, .... S.Pd dengan hasil :

§    Apa yang menjadi standar kelulusan sekolah ini?

Jawaban : Standar kelulusan dari sekolah ini dapat dilihat dari akademik atau pengetahuan, sikap dan

§    Nilai standar kelulusan dari sekolah ini berapa?

Jawaban : Nilai standar kelulusan dari sekolah adalah 60, sudah dinyatakan lulus. Kemudian pada awalnya masih menggunakan kurikulum KTSP, nilai standar untuk tiap angkatan atau tiap kelas itu berbeda. Jadi untuk kelas XII kkmnya 75 dan untuk kelas X-XI KKM nya 70. Namun sekarang sudah masuk pada kurikulum 2013, jadi KKM nya sama semua untuk tiap angkatan atau kelas yaitu 75.

§    Karena sekarang sudah ada anjuran penerapan esesmen di tiap sekolah, jadi 

   apakah sekolah ini sudah menerapkannya atau belum?

Jawaban : Ya, sudah dilaksanakan pada peserta didik kelas XI. Namun para peserta didik belum menganggap bahwa esesment itu sangat penting sehingga mereka menganggap bahwa itu hanya sebuah formalitas.bahkan kami para guru pun kesulitan dalam membimbing anak dalam hal ini. Akhirnya sekolah melakukan penerapan literasi dalam waktu 15 menit tiap hari, namun hal itu tidak berpengaruh karena sekolah menyadari akan hal itu karena dianggap waktu sangat kurang untuk literasi. Karena literasi juga mampu mengubah sikap anak. Sehingga mulai sekarang, setiap mata pelajaran yang akan masuk maka harus ada literasi 15 menit. Jadi misalnya hari ini ada 3 matapelajaran maka diadakan literasi sebanyak 3 kali.

§    Apalah peserta didik yang sudah mengikuti esesment dan nilainya mencapai standar, apakah dia sudah bisa dinyatakan lulus, atau harus mengikuti ujian sekolah lagi?

Jawaban : esesment dan ujian sekolah, belum ada ikatannya. Karena esesment itu adalah.................. sedangkan ujian sekolah itu menentukan kelulusan anak.  

§    Menurut ibu, seberapa penting penggunaan media dalam pembelajaran?

Jawaban : untuk jaman sekarang, memang penting sekali

§    Media apa yang paling sering ibu gunakan dalam pembelajaran?

Jawaban : media yang sering ibu gunakan yaitu PowerPoint, LKPD, dan

Video Pembelajaran.

§    Selama penggunaan media dalam pembelajaran, menurut ibu, media apa yang paling efektif digunakan? Dan apa alasannya ibu memilih media tersebut?

Jawaban : menurut ibu, kadang ibu menggunakan video pembelajaran

yang ibu ambil di youtube contoh pada materi eksoterm endoterm yang ada animasinya supaya lebih menarik. Kadang materi-materi tertentu cocok hanya menggunakan PPT saja.


Jadi menurut ibu media yang paling efektif itu kalau dalam pembelajaran yaitu PPT tapi kadang tidak mesti semua pembelajaran bisa efektif dengan menggunakan media PPT, sehingga guru harus bisa melihat karakteristik siswa dan materinya dimana harus disesuaikan sehinggga tujuan pembelajaran tercapai. Selain PPT, LKPD juga efektif dalam menjalankan segala sintak pembelajaran itu, karena guru tinggal merancang didalam LKPD itu sehingga siswa bisa melaksanakan atau menjawab semua itu sehingga nanti bisa tercapai tujuan pembelajarannya.

§    Selama penggunaan media dalam pembelajaran, kendala apa saja yang pernah ibu temui? Dan bagaimana cara mengatasi  kendala tersebut? Jawaban : kendalanya yaitu kemampuan ibu yang kurang bisa dalam membuart media pembelajaran yang inovatif. Ibu selama ini menggunakan video pembelajaran dari youtube, sedangkan seharusnya lebih baiknya itu membuat sendiri video pembelajaran sehingga sesuai dengan yang kita inginkan, karena di youtube itu belum tentu sesuai dengan indikator dan tujuan pembelajaran yang diinginkan kadang ada dan kadang tidak.

Cara mengatasinya yaitu guru harus banyak belajar secara mandiri jika disekolah tidak melakukan pelatihan.

 

 

2.   Angket

 

No

Pertanyaan

Ya

Tidak

 

Media Gambar

 

 

1.

Guru menggunakan media gambar pada saat pembelajarandi

kelas

8

2

2.

Guru menampilkan media  gambar melalui kertas / karton

1

9

3.

Guru menjelaskan materi dengan menggunakan gambar di awal

pembelajaran

7

3

4.

Guru pembelajaranmenjelaskan kembali materi materi

pembelajaran menggunakan media gambar pada saat akhir

4

6

 

Media Rekaman

 

 

5.

Guru menggunakan tape reconder/rekaman dalam pembelajaran

6

4

6.

Guru memutar ulang rekaman untuk bagian-bagian yang tidak

dimengerti oleh siswa

8

2

7.

Guru menggunakan media rekaman untuk mengganti instruksi

dari guru

6

4

 

Media Vidio

 

 

8.

Guru menggunakan media vidio pada saat pembelajaran di kelas

10

0

9.

Guru menjelaskan materi yang akan diajarkan menggunakan

media vidio pada awal    pembelajaran

10

0

10.

Guru mengulangi pemutaran vidio untuk bagian pyang kurang

dimengerti oleh siswa

10

0

11.

Guru menanyakan kembali vidio materi pembelajaran di akhir

pembelajaran

6

4


 

 

Media Power Point

 

 

12

Guru menggunakan power point dalam pembelajaran di kelas

7

3

13.

Guru menggunakan power point melalui alat proyeksi( LCD)

10

0

14.

Guru mencetak power point dengan cara prin out untuk dibagikan

kepada siswa agar dipelajari di rumah

3

7

15.

Guru menggunakan power point untuk menampilkan gambar

dalam pembelajaran

9

1

16.

Guru menamplkan tugas/ kuis melalui media power point

9

1

 

Media Berbasis Internet

 

 

17.

Guru memanfaatkan jaringan internet dalam proses pembelajaran

9

1

18.

Materi yang disampaikan oleh guru dapat diakses melalui internet

7

3

19.

Untuk mengatasi keterbatasan waktu pembelajaran disekolah,

guru mengarahkan siswa pada pembelajaran E-learning

8

2

20.

Guru memberikan tugas/kuis/ujian secara online

2

8

 

Media Demonstrasi

 

 

21.

Pada beberapa kesempatan, guru membawa beberapa bahan-

bahan (seperti soda kue, cuka, dll) kedalam kelas untuk selanjutnya menjadi bahan penjelasan guru dalam pembelajaran terkait materi kimia tersebut.

0

10

 

 

 

C.  Kesimpulan

Berdasarkan observasi yang kami lakukan di SMAN 4 Kupang, maka dapat disimpulkan bahwa :

a. Media yang digunakan dalam pembelajaran kimia sangat bervariatif, diantaranya media gambar, video, power point,dan berbasis internet.

b. Kendala yang sering dihadapi guru adalah kurangnya kemampuan guru dalam membuat video pembelajaran yang menarik.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Laporan Spektroskopi Sinar Ultra Violet-Visible (UV-VIS)

  DAFTAR ISI DAFTAR ISI........................................................................................................................